Efek Samping Benzoil Peroksida

Efek Samping Benzoil Peroksida

Jika kamu sering merawat kulit wajah, kamu harus tahu efek samping benzoil peroksida ini. Terutama bagi perempuan, merawat kulit wajah sangatlah penting untuk mempercantik penampilan. Sehingga datangnya jerawat bisa menjadi masalah yang sangat besar.

Ada beberapa jenis kulit yang dimiliki oleh wanita Indonesia. Mulai dari berminyak, normal berminyak, dan lain sebagainya. Semua jenis kulit tetap memiliki potensi tumbuhnya jerawat. Sehingga semua wanita berusaha menggunakan skincare untuk mencegahnya.

Namun jika sudah mulai tumbuh jerawat apalagi yang sudah parah, pasti perempuan berusaha keras mencari cara agar bisa meredam rasa sakit di wajah sekaligus menghilangkan jerawatnya. Menggunakan benzoil peroksida ini merupakan salah satu caranya.

Namun sebelum itu, kamu harus memahami apa saja manfaat dan efek samping benzoil peroksida. Sehingga kamu bisa memahami dosis dan cara pemakaiannya. Jangan sampai kelebihan penggunaan obat ini menyebabkan keadaan wajah jadi lebih parah.

Manfaat Benzoil Peroksida untuk Wajah

Benzoil peroksida merupakan salah satu golongan obat bebas sehingga semua orang bisa dengan mudah membelinya di apotek. Namun sebelum membelinya, kamu harus paham apa saja manfaat atau kegunaannya. Karena kamu tidak boleh memakai obat di luar kegunaannya.

Secara umum, benzoil peroksida memiliki manfaat untuk kesehatan wajah. Sehingga ada banyak wanita yang membelinya ketika mengalami masalah pada kulit wajah. Ini dia kegunaan atau manfaat benzoil peroksida lebih detailnya.

  1. Mengurangi peradangan
BACA JUGA:  Salep untuk Hilangkan Jerawat

Manfaat paling utama adalah meredakan atau mengurangi peradangan. Manfaat ini sangat membantu perempuan yang mengalami jerawat namun tetap saja ada efek samping benzoil peroksida yang harus diwaspadai.

Ketika timbul benjolan di muka, rasanya pasti akan sangat sakit. Rasa sakit ini disebabkan oleh benjolan tersebut yang meradang. Ada cara lain untuk mengurangi peradangan, yaitu dengan memecahkan benjolan dan mengeluarkan isinya.

Namun cara tersebut membutuhkan usaha lebih dan menimbulkan rasa sakit yang lebih menyiksa. Itu sebabnya orang – orang lebih memilih menggunakan obat seperti benzoil peroksida untuk meredakan peradangan, sehingga rasa sakitnya tidak terlalu menyiksa.

  1. Membunuh bakteri penyebab jerawat

Jerawat timbul akibat bakteri yang bersarang di kulit waja. Bakteri ini dapat terus bersembunyi dan menyebabkan benjolan di muka sewaktu – waktu. Untuk menghindarinya, orang – orang kebanyakan menggunakan obat ini.

Karena salah satu manfaat atau kegunaannya adalah untuk membunuh bakteri penyebab jerawat tersebut. Tetap ada efek samping benzoil peroksida, namun manfaat membunuh bakteri ini terbilang cukup ampuh untuk mencegah munculnya benjolan.

  1. Membuka pori – pori kulit

Manfaat lainnya adalah membuka pori – pori kulit sehingga kotoran dan komponen lainnya yang bersarang dapat mudah dikeluarkan. Dengan begitu kulit menjadi lebih bersih dan terhindar dari potensi mengalami jerawat.

Meskipun manfaatnya sangat baik untuk keperluan muka, namun tetap ada efek samping benzoil peroksida yang harus diperhatikan. Sebaiknya kamu jangan terlalu terburu – buru menggunakan obat ini sampai mengabaikan dosis dan cara menggunakannya.

BACA JUGA:  Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

Selain itu kamu juga harus memeriksa apakah kulitmu mudah alergi. Memang obat ini sangat mudah dibeli karena tidak membutuhkan resep dokter. Namun setiap obat memiliki efek samping tersendiri. Efek samping itu dapat berakibat buruk bagimu jika tidak diperhatikan.

4 efek samping benzoil peroksida

Mengalami jerawat atau benjolan yang meradang pada muka memang sangat memalukan dan menyiksa. Untuk itu, kamu bisa meredakan rasa sakit dan mengobatinya perlahan dengan penggunaan obat seperti benzoil peroksida. Namun perhatikan beberapa efek samping berikut.

  1. Berbahaya bagi yang alergi

Efek samping benzoil peroksida yang pertama adalah reaksi alergi seperti gatal – gatal yang menyebabkan bentol – bentol, timbulnya benjolan melepuh berisi cairan serta wara kulit muka berubah jadi kemerahan.

Efek samping ini memang sangat jarang terjadi, namun tetap harus diwaspadai oleh orang – orang yang berkulit sensitive. Ada baiknya memeriksakan diri apakah memang kulit wajahmu mudah alergi sebelum menggunakan jenis obat ini.

Atau jika sudah terlanjur dipakai dan menimbulkan efek samping ini, sebaiknya kamu langsung menghubungi dokter spesialis yang bisa memberikan penanganan segera. Karena efek samping ini menyebabkan rasa tidak nyaman.

  1. Menyebabkan kulit kering

Benzoil peroksida juga dapat menyebabkan kulit kering. Terkadang hal ini terjadi pada beberapa orang yang menggunakannya, namun masih bisa diobati dengan cara lain. Misalnya dengan menggunakan skincare dengan manfaat melembabkan wajah.

BACA JUGA:  Manfaat Cuci Muka dengan Air Dingin

Kulit kering juga akan menimbulkan rasa tidak nyaman dan kesan memperburuk keadaan muka. Namun kamu tidak perlu khawatir efek samping ini terjadi selamanya, karena efek sampingnya akan menurun atau menghilang setelah tidak dipakai lagi.

  1. Menyebabkan kulit mengelupas

Efek samping benzoil peroksida selanjutnya adalah menyebabkan kulit mengelupas. Hal ini tentu akan membuat rasa percaya diri saat tampil menjadi menurun. Namun tidak semua pengguna benzoil peroksida mengalaminya, hanya beberapa saja.

Namun bukan berarti hal ini tidak perlu diwaspadai. Sebaiknya kamu juga sudah menyiapkan antisipasi jika efek ini terjadi padamu, seperti menggunakan skincare dengan manfaat mengangkat sel kulit mati yang mengelupas.

  1. Menyebabkan iritasi

Iritasi yang terjadi tidak disebabkan alergi, namun memang ada kulit yang bereaksi setelah penggunaan benzoil peroksida dengan cara iritasi. Iritasi tersebut berupa rasa gatal, rasa perih dan panas jika sudah lama.

Namun iritasi ini sangat jarang dialami oleh penggunanya. Iritasi juga dapat menghilang sendiri setelah didiamkan beberapa jam meskipun memberikan rasa yang tidak nyaman.

Menggunakan obat jenis apapun harus disesuaikan dengan kegunaannya. Selain itu, kamu juga harus selalu memperhatikan efek samping benzoil peroksida agar memahami risiko penggunaannya obatnya.