Mengenal Perbedaan Kurap dan Kudis

Mengenal Perbedaan Kurap dan Kudis

Mengenal Perbedaan Kurap dan Kudis – Perbedaan kurap dan kudis memang sangat sulit bila hanya dilihat dari kasat mata saja. Beberapa orang menilai keduanya adalah kondisi yang sama, tetapi bagi kaca mata medis bukan seperti itu.

Harus diakui keduanya memunculkan ruam atau bercak, selain itu mudah sekali menular. Kondisi seperti ini cukup berbahaya, karena kalau salah dalam menangani bukan sembuh, justru semakin meluas dan parah.

Inilah alasannya mengapa semua orang harus mengetahui bagaimana cara membedakannya. Dengan begini jika ada saudara atau kamu sendiri mengalaminya bisa paham harus dirawat serta diobati seperti apa.

Begini Perbedaan Kurap dan Kudis

Poin pertama untuk membedakannya bisa dilihat dari bagaimana penyebabnya terlebih dulu, scabies atau kurap akan merasakan gatal luar biasa. Kondisi ini terjadi akibat rasa itu berawal dari kegigitan sebuah serangga.

Namanya adalah tungau yang cukup kecil, sehingga sangat sulit bila harus dilihat dengan mata telanjang. Karena ukurannya memang sangat kecil selain itu mereka mampu bersembunyi di dalam kulit.

Selain itu mereka juga bisa hidup di bagian tubuh lainnya seperti selangkangan, pinggul, hingga telapak tangan. Hal yang perlu diwaspadai adalah keinginan untuk menggaruk sangat tinggi. Kondisi ini harus hati-hati.

Karena, semakin kuat keinginan tersebut maka akan menghasilkan luka yang luar biasa gatal. Kondisi itu akan semakin parah ketika malam hari. Keinginan untuk menggaruknya dua kali lebih kuat.

Sementara itu untuk kurap sendiri merupakan keluhan yang disebabkan karena adanya infeksi jamur. Harus diakui sama-sama gatal, hanya saja untuk masalah ini bentuknya terlihat bulat dan ditengahnya sedikit terang.

Perbedaan kurap dan kudis tidak cukup sampa disitu saja, masih ada gejala serta bagaimana pengobatannya. Maka dari itu, jangan beranjak terlebih dulu, karena di bawah ini semuanya akan dibahas lengkap.

Gejala yang Dialami Para Penderita

Baiklah pembahasan berikutnya adalah gejala yang dialami oleh para penderita. Perlu dipahami bahwa yang ditimbulkan dan dirasakan oleh tubuh itu berbeda. Maka dari itu coba perhatikan dengan benar.

Mengenal Perbedaan Kurap dan Kudis

1.     Kurap

Beranjak ke Kurap terlebih dulu, dimana gejalanya tergantung pada bagian mana yang terinfeksi. Biasanya bentuk serta penamaannya dalam dunia medis berbeda-beda. Seperti adanya bercak merah yang disebut dengan plak.

Perbedaan kurap dan kudis berikutnya terlihat menyerupai cincin tetapi, pada bagian luarnya terlihat merah. Kemudian ada lagi area kulit yang sudah cukup alam sehingga berkesempatan berkembang menjadi pastula.

Pada dasarnya penderita kurap ini mempunyai tingkat gatal luar biasa. Tidak heran bila rasanya tangan ingin segera menggaruknya sampa rasa itu menghilang walau kenyataannya akan sembuh menggunakan obat.

2.     Kudis

Setelah mengetahui bagaimana gejala dari kurap sekarang waktunya untuk melihat kudis. Gejalanya muncul sekitar 6 sampai 8 minggu semenjak mereka tertular. Inilah perbedaan kurap dan kudis yang membingungkan.

Karena, perkembangbiakan bakteri dan kuman ini sangat cepat. Bahkan hitungannya adalah per detik jangan heran kalau penyakit sudah menyebar tetapi, gejalanya baru akan dirasakan setelah beberapa minggu.

Perasaan gatal ini akan selalu hadir walau tidak terlalu kuat, namun rasanya luar biasa. Maka jangan sungkan untuk membawanya menjalani berbagai macam pengobatan, siapa tahu bisa sembuh dengan cepat?

Sistem Pengobatan yang Bisa Diterapkan

Perbedaan kurap dan kudis berikutnya bisa dilihat dari sistem pengobatan yang diterapkan. Jadi, bentuk penanganannya hampir mirip hanya saja beda caranya. Maka dari itu kamu harus teliti dan jangan salah.

Mengenal Perbedaan Kurap dan Kudis

1.     Pengobatan Kurap

Pengobatan untuk penyakit kurap sendiri sebenarnya tidak terlalu rumit, Pada dasarnya kasus ini tergolong ringan. Maka sistem pengobatannya juga termasuk sederhana. Mula dari pencegahan yaitu menjaga kebersihan.

Sampai menggunakan berbagai macam obat lainnya mula dari krim, lotion,serta salep yang dijual bebas di pasaran. Biasanya trik ini cukup efektif dalam mengatasi masalah kurap seperti ini.

Andai saja obat dipasaran sulit untuk melawan penyebaran bakteri, Maka dosisnya nanti akan ditambah, hanya saja kamu tetap wajib menjaga kebersihan dengan ruti mandi dan cuci tangan.

Bahkan saat kondisi kurap meluas dan bertambah parah, biasanya dokter akan memberikan dosis tinggi berupa pil jamur. Harapannya mampu menekan pertumbuhannya agar tidak bertambah dan menyebar luas.

2.     Pengobatan Kudis

Perbedaan kurap dan kudis dalam sistem pengobatan terjadi disini. Bila di atas kamu hanya perlu pergi ke apotik saja, kemudian membeli beberapa salep atau krim anti jamur, berbeda dengan satu ini.

Penggunaan obat dipasaran justru tidak disarankan, jadi langsung pergi ke dokter saja demi mendapatkan perawatan intensif. Bukan hanya untuk dalam saja, sistem penanganannya juga memakai salep atau lotion.

Semua itu tinggal melihat dulu bagaimana tingkat keparahan sebuah penyakit. Jika, perlu salah satu maka pasien akan mendapatkannya. Inilah alasan mengapa kamu harus langsung pergi ke tim medis.

Andai saja muncul tanda-tanda atau gejala dari penyakit ini. Perbedaan kurap dan kudis ini sebenarnya sangat sederhana, hanya saja proses penanganannya tidak boleh dibuat santai, harus serius. Tidak heran, pada saat pemeriksaan nanti tim medis akan menambahkan beberapa obat seperti

  1. Anthistamin sebagai salah satu penghilang rasa gatal
  2. Antibiotik mengatasi terjadinya iritasi akibat kebiasaan digaruk terus menerus sehingga mencegah timbulnya infeksi
  3. Krim steroid yaitu sebuah krim yang berfungsi untuk meredakan pembengkakan akibat rasa gatal yang berlebihan.

Khusus untuk kudis sendiri biasanya akan sembuh setelah 4 minggu perawatan. Maka dari itu, semakian cepat penanganannya proses penyembuhannya juga semakin baik. Jadi, jangan tunggu waktu lagi.

Ketika ada gejala muncul walau sedikit segera lakukan konsultasi apabila kejadiannya sudah berlangsung lebih dari tiga hari. Maka dari itu, pahami kembali perbedaan kurap dan kudis berdasarkan awal kemunculannya. (Red-tuanmedical.com)

Check Also

Manfaat Cuci Muka Dengan Air Dingin

Manfaat Cuci Muka dengan Air Dingin

Pengetahuan soal manfaat cuci muka dengan air dingin sudah menyebar baik. Terutama disebabkan karena disebutkan …