Ciri Penyakit Kulit yang Wajib Kamu Tahu

Ciri Penyakit Kulit yang Wajib Kamu Tahu

Ciri Penyakit Kulit yang Wajib Kamu Tahu – Ciri penyakit kulit pada dasarnya sangat khas dan dapat diketahui oleh orang banyak. Sayangnya, mereka sering menganggapnya remeh dan membiarkan begitu saja tanpa ingin tahu sebab dan akibatnya.

Jika, kondisi tersebut dibiarkan mungkin, satu atau dua kali akan menghilang. Tetapi, untuk seterusnya bisa berangsur parah dan membutuhkan penanganan medis serius. Tidak mau terjadi seperti ini bukan?

Perlu diketahui, ketika salah satu ciri tersebut keluar sebenarnya merupakan peringatan kepada kamu bila tubuh sedang membutuhkan perhatian lebih. Maka dari itu, mulai dari sekarang cobalah kenali dan perhatikan.

Ini Beberapa Ciri Penyakit Kulit

Mengetahui apa saja cirinya memang sangat penting, biasanya menjadi gejala awal indikasi dari sebuah penyakit. Misalnya saja, pustula atau benjolan kecil disertai dengan nanah,beberapa orang sering mengalaminya.

Kondisi tersebut terjadi akibat adanya infeksi yang disebabkan oleh infeksi berupa jamur, bakteri, hingga virus. Tetapi, ada juga akibat peradangan dari kulit, terasa nyeri dan biasanya terjadi di area wajah.

Bukan hanya pustula saja, masih ada beberapa ciri penyakit kulit yang perlu kamu ketahui. Jika sudah terjadi, lakukan penanganan dengan baik, agar permasalahan tersebut tidak menyebar luas.

Ciri Penyakit Kulit yang Wajib Kamu Tahu

1.     Papula

Sering terlihat ada benjolan? Mungkin itu adalah papula, jaringan kulit yang muncul akibat adanya penumpukan di indera peraba secara berlebihan. Jangan pernah anggap remeh karena, bisa jadi pertanda serius.

Walaupun pada beberapa kasus, papula sendiri mudah sekali sembuh. Namun kewaspadaan tetap harus ditingkatkan. Apalagi kalau dibarengi dengan beberapa gejala tambahan seperti adanya kulit bersisik hingga pendarahan.

Selanjutnya kondisi gatal berlebihan hingga rasanya ingin menggaruk saja, keadaan tersebut merupakan pertanda bahwa sedang terjadi permasalahan serius. Segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk penanganan selanjutnya.

2.     Lenting

Ciri penyakit kulit berikutnya adalah lenting dimana adanya benjolan kecil isinya adalah air, bisa juga nanah ukurannya tidak besar, hanya saja merata ke seluruh tubuh mulai dari badan sampai ke wajah.

Beberapa orang mengalami masalah ini di bagian tangan, hingga badan, Biasanya, keadaan seperti ini menjadi pertanda bahwa, kamu akan mengalami cacar air. Selan itu, indikasi lan dari lenting adalah herpes.

Jika kondisinya cukup parah maka kemungkinan besar mengalami impetigo. Keadaan ini berupa infeksi menular, biasanya menyerang ke bayi hingga anak. Kondisinya ditandai dengan adanya luka merah hingga membentuk kerak kekuningan.

3.     Ruam

Ciri penyakit kulit ini memang banyak ditemui di sejumlah kasus, baik ringan hingga berat. Kemunculannya berupa warna kemerahan di satu bagian tubuh. Munculnya kasus seperti ini menjadi pertanda adanya permasalahan.

Ada dua jenis penyakit dengan indikasi ruam seperti ini, bisa kurap atau eksim. Biasanya kondisi seperti ini disertai dengan rasa gatal berlebihan. Jika dibiarkan membuat kondisi permukaannya tidak rata.

Kondisi parah mengakibatkan perubahan warna menjadi lebih gelap daripada sebelumnya. Bahkan, orang lain dapat melihatnya sebagai sebuah sisik. Bila terus dibiarkan ciri penyakit kulit ini akan terus menyebar.

Lambat laun akan menyebabkan terjadinya basal sel carcinoma yaitu sejenis kanker pada indera peraba. Kondisinya sangat berbahaya dan dapat menimbulkan kematian. Sebelum berkembang seperti ini cobalah menghubungi dokter.

4.     Kering Bersisik dan Gatal

Ciri penyakit kulit berikutnya adalah kering bersisik. Kondisi tersebut harus menjadi alarm tanda bahaya, jangan diremehkan, usahakan pergi ke dokter. Gejala seperti ini biasanya memunculkan diagnosa adanya masalah di Paru.

Keadaan ini sering muncul karena, penumpukan sel kulit mati, bisa juga kondisinya terlalu kering. Indikasi penyakit berikutnya adalah psoriasis, terlihat warna keperakan pada sisik dan terlihat sangat terbal,

Keadaan ini merupakan pertanda bahwa produksi sel kulit mati terjadi tidak terkendali. Bahkan, kekeringan ini membuatnya berdarah. Perlu diketahui bahwa, ciri penyakit kulit ini tidak menular tetapi cukup berbahaya.

Keadaan lain yang juga sedikit mengganggu adalah rasa gatal berlebihan. Biasanya disertai dengan kemunculan panu, dermatitis, sampai dengan kutu air. Keinginan untuk menggaruk terjadi akibat reaksi imun karena, terjadinya iritasi.

Ciri Penyakit Kulit yang Wajib Kamu Tahu

5.     Sensasi Panas Hingga Terbakar

Ciri penyakit kulit berikutnya adalah adanya sensasi terbakar hingga rasa terbakar. Biasanya ada saat kamu terserang penyakit kulit karena iritasi. Pada kasus eksim atau psoriasis sensasi seperti ini akan terasa.

Awalnya biasa saja, tapi seiring berjalannya waktu sensasi tersebut menjadi sangat mengganggu. Ketika hal itu terjadi secara berkelanjutan, bisa jad kamu sedang mengidap penyakit selulitis. Kondisi itu muncul karena infeksi bakteri.

Dimana kadar infeksinya sudah menyerang ke bagian dalam kulit. Gejala awalnya tidak hanya panas dan terbakar saja, melaninkan terlihat bengkak serta warna merah pekat. Sering terjadi di area kaki.

Tetapi, beberapa kasus ada juga mengalaminya pada area sekitar wajah. Jika dibiarkan infeksi ini bisa lebih parah yaitu menyerang bagian tubuh lainnya, bisa ke kelenjar getah bening hingga aliran darah.

6.     Perubahan Warna Kulit

Kondisi terakhir adalah perubahan warna kulit, keadaan ini terjadi akibat kamu kehilangan pigmen. Jadi, terkadang warnanya berubah menjadi gelap atau putih, bisa juga belang. Untuk penanganannya dapat menghubungi dokter.

Kasus semacam ini juga dapat menyerang bagi mereka yang mempunyai riwayat vitiligo. Bahkan bagi penderita panu, kasus semacam ini juga sering ditemukan. Terkadang hal itu terjadi ketika terpapar sinar matahari.

Mengetahui semua ciri dari berbagai penyakit kulit memang sangat penting. Walau terkesan remeh dan dapat diatasi dengan baik, namun adanya permasalahan membuat kamu tidak percaya diri.

Maka dari itu, tetap jaga kebersihan jika ada keluhan coba hubungi dokter. Atau pelajari lagi bagaimana ciri penyakit kulit lainnya, dengan begini kamu dapat mencegah permasalahan tersebut semakin bertambah parah. (Red-tuanmedical.com)

Check Also

Manfaat Cuci Muka Dengan Air Dingin

Manfaat Cuci Muka dengan Air Dingin

Pengetahuan soal manfaat cuci muka dengan air dingin sudah menyebar baik. Terutama disebabkan karena disebutkan …