Apa Saja Jenis Jerawat Sih

Apa Saja Jenis Jerawat Sih

Apa Saja Jenis Jerawat Sih – Dalam dunia medis ada beberapa jenis jerawat yang dapat terdeteksi. Hanya saja, dari semua itu penyebab utama munculnya masalah kulit ini adalah adanya kadar minyak berlebih di bagian wajah.

Tidak hanya itu saja, penumpukan sel kulit mati di lapisan kulit teratas juga jadi penyebab utamanya. Kedua situasi tersebut menyebabkan pori-pori menjadi tersumbat dan munculnya bintik di area sekitar wajah.

Jenis Jerawat Sekaligus Cara Mengatasinya Agar Tidak Kembali

Mungkin, kamu masih berpikir bahwa jerawat ini hanya ada satu jenis saja, karena dilihat dari bentuknya sama. Tetapi, menurut ilmu kedokteran terutama kecantikan, bukan hanya satu saja, ada beberapa.

Sebab kemunculannya juga tidak semua sama, walau hampir mirip. Maka dari itu, agar penanganan tepat dan kamu juga bisa mengerti soal ini, kami akan jelaskan serta memberitahu bagaimana mengatasinya.

Apa Saja Jenis Jerawat Sih

1.     Whitehead

Whiteheads atau sering dikenal dengan komedo putih ini menjadi jenis jerawat paling mudah dikenali. Kondisi ini terjadi ketika lapisan paling tipis di kulit menutup pori bersama dengan sel kulit mati.

Keadaan tersebut menghadirkan gumpalan berbentuk bulat putih yang terlihat jelas di wajah, faktor utamanya ada tiga yaitu sel kulit mati, minyak, hingga terjadinya perubahan hormonal seperti, para remaja.

Ketika kamu mengalami keadaan ini jangan pernah dipencet karena menyebabkan munculnya bakteri hingga menimbulkan jaringan parut. Maka dari itu, cobalah menjaga area tersebut dari bakteri hingga sel kulit mati.

Biasanya akan menghilang kurang lebih dua minggu. Bila masih terlihat, cobalah mencuci wajah di pagi dan malam menggunakan bahan yang mengandung asam glikolat serta salisilat.

2.     Blackhead

Jenis jerawat yang kedua adalah blackhead atau disebut juga dengan komedo hitam. Kondisinya tidak jauh berbeda dengan whitehead. Akibat pori-pori yang tersumbat oleh kandungan minyak berlebihan. Lalu, mengapa menjadi gelap?

Komedo putih tersebut yang awalnya menutup pori-pori itu mengalami sumbatan sehingga menimbulkan komedo yang dibiarkan begitu saja dan terbuka. Akibat terkena udara inilah yang mengubahnya menjadi hitam.

Bagaimana cara mengatasi jenis jerawat tersebut? Menurut dokter cobalah melakukan ekstraksi agar sumbatan pada pori-pori menghilang. Hanya saja jangan dilakukan sendiri agar bakteri tidak berkembang, dalam perawatannya disarankan memakai retinol.

Beli saja retinol di apotek atau obat cukup kuat seperti retinoid. Dimana kandungan ini mampu mendorong kulit untuk melakukan pergantian sel sehingga mampu mencegah menumpuknya sel kulit mati serta minyak.

3.     Jerawat yang Ada di Zona T dan Hormonal

Jenis jerawat selanjutnya adalah hadirnya yang ada di zona T yaitu dahi, hidung serta dagu. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh polusi udara dan warnanya merah. Untuk masalah ini cara mengatasinya mudah.

Basmi saja dengan berbagai kandungan seperti retinoid, benzoyl peroxide, hingga asam salisilat. Sementara, untuk hormonal sendiri terjadi karena perubahan hormon. Kondisi tersebut membuat terjadinya penumpukan pori.

Perlu diketahui, pil kontrasepsi yang dikonsumsi wanita, juga menyebabkan munculnya masalah ini. Jadi, jangan sampai salah pilih, disarankan memilih yang mampu menyeimbangkannya. Alternatif lainnya bisa memakai co-cyprindiol untuk perawatan efektif.

4.     Pastula

Jenis jerawat berikutnya adalah Pastula yang dapat diketahui sebagai sebuah benjolan, isinya adalah nanah. Hal ini terjadi akibat terjadinya infeksi pada pori-pori. Tingkat keparahannya berbeda-beda setiap orang.

Kondisi ini dipengaruhi dari seberapa cepat masalah itu terbentuk. Pada dasarnya bentuk tersebut sangat kecil dan berkurang secara perlahan. Keadaan tersebut terjadi akibat alergi lingkungan, makanan, sampai gigitan serangga.

Untuk mengobati jenis jerawat ini kamu harus membeli produk yang mengandung asam salisilat. Dengan begini perlahan peradangan akan menghilang. Selain itu, coba saja melakukan perawatan topikal seperti benzoil hingga adapalene.

Apa Saja Jenis Jerawat Sih

5.     Papula

Permasalahan berikutnya adalah Papula terlihat seperti sebuah benjolan padat rasanya sangat nyeri dan berwarna merah. Pada titik puncaknya tidak terlihat ada nanah sama sekali, lalu mengapa bisa muncul?

Papula ini terjadi akibat adanya komedo hitam dan putih yang tidak dapat diatasi secara sempurna. Jadi, memicu terjadinya iritasi sangat parah. Karena, hal ini membuat kulit area komedo mengalami kerusakan.

Kalau kamu membiarkan jenis jerawat ini dan tidak diobati akan berkembang menjadi pastula atau munculnya nanah. Perlu diketahui bahwa, penggunaan obat-obatan tertentu juga memicu terjadi jerawat tersebut.

Selain itu faktor genetika juga bisa menjadi pemicu lainnya. Misalnya bukan orang tua mungkin, nenek kamu dulu. Kalau sudah seperti ini harap segera berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan pengobatan secara.

Bentuk pengobatan untuk jerawat Papula adalah obat-obatan topika serta antibiotik. Mulia dari retinoid yang mampu mencegah terjadinya penyumbatan di folikel rambut. Antibiotik sendiri digunakan menyembuhkan bakteri dan mengurangi peradangan.

6.     Jerawat Fulminas

Jenis jerawat fulminas ini terjadi akibat kelanjutan dari conglobata. Bisa dikatan jenis ini menjadi yang paling parah dan merupakan puncak. Rasanya sangat sakit dan menyebabkan terjadinya demam.

Dalam kondisi ekstrem penderitanya bisa saja mengalami penurunan berat badan. Bahkan, penyakitnya sendiri dapat menjalar ke berbagai organ lainnya seperti, kelenjar getah bening, kemunculannya bisa di seluruh bagian tubuh.

Keadaan ini bisa terjasi akibat melemahnya kekebalan tubuh serta meningkatnya testosteron. Hal ini memicu peningkatan pada sebum serta bakteri. Penanganannya bisa langsung pergi ke dokter atau spesialis kulit.

Permasalahan ini pada dasarnya dianggap remeh oleh sebagian orang, sehingga membiarkannya begitu saja. Maka dari itu usahakan sejak sekarang untuk peka dan lihat bagaimana perkembangannya agar tidak parah.

Harus diakui jerawat seperti ini jangan pernah dianggap remeh, pahami dulu bagaimana penyebabnya dan cara mengatasinya. Karena, setiap jenis jerawat mempunyai penanganan tersendiri, atau bisa langsung hubungi dokter kulit.

Check Also

Manfaat Cuci Muka Dengan Air Dingin

Manfaat Cuci Muka dengan Air Dingin

Pengetahuan soal manfaat cuci muka dengan air dingin sudah menyebar baik. Terutama disebabkan karena disebutkan …